Inilah 5 Teknologi Pengganti Password di Masa Depan

Inilah 5 Teknologi Pengganti Password di Masa Depan

Jika diantara kita adalah pengguna media social, pasti akan mengenal yang namanya pengaman akun media sosial yang mana sering disebut dengan password atau sandi. Dengan memiliki password maka secara otomatis akun yang dimiliki akan lebih aman dari pihak ketiga yang mungkin bisa membahayakan akun kita baik itu penyalahgunaan akun dengan berbagai hal.

Untuk mendapatkan keamanan akun yang lebih akurat atau lebih kuat, tidak sedikit dari penguna terkadang membuat password dengan karakter yang panjang, bahkan ada yang membuat kombinasi penggabungan huruf dan angka untuk password salah satu akun mereka.

Rumitnya kombinasi yang dicantumkan oleh pengguna dalam password mereka, tidak sedikit pula dari mereka melupakan password tersebut. Bahkan sering dijumpai yang namanya lupa kata sandi. Dengan sering terjadi lupa kata sandi yang dialami oleh beberapa pengguna, hal tersebut lantas diperhatikan oleh beberapa perusahaan ternama yang mana mereka berusaha akan terus memberikan solusi terbaik kepada pengguna.

Kemajuan teknologi sekarang inilah yang dimanfaatkan beberapa perusahaan untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi secara khusus lupa kata sandi, beberapa perusahaan juga akan mencoba mengganti password dengan teknologi. Salah satu teknologi sudah diterapkan dan bahkan sudah kita jumpai ialah pengguna sidik jari atau fingerprint diberbagai smartphone keluaran terbaru seperti sekarang ini.

Namun hal tersebut masih dianggap kurang membantu pengguna oleh beberapa perusahaan dan mereka akan menggunakan kecanggihan teknologi yang akan dicoba untuk mengganti password atau sandi. Teknologi tersebut diantaranya ialah:

  1. Password dengan pengenal detak jantung

Pengenal detak jantung mungkin paling sering kita dengar didunia medis yang mana digunakan untuk melakukan tes kesehatan pada beberapa pasien. Namun beberapa perusahaan mencoba mengembangkan teknologi tersebut untuk dijadikan pengganti sandi nantinya dan sampai sekarang ini sudah terdapat salah satu gadget yang sudah menggunakan teknologi tersebut yakni Nymi Band, yang mana salah satu wearable yang mampu memonitor detak jantung pemakainya untuk dilakukan autentifikasi.

Dengan teknologi tersebut, pengguna tidak lagi perlu mengetik password atau sandi seperti pada biasanya namun cukup dengan pengenal detak jantung maka akun akan terbuka dengan sendirinya. Namun teknologi ini masih dalam tahap pengembangan.

  1. Teknologi Pengenal wajah

Memanfaatkan trend popular dikalangan masyarakat yakni sering melakukan selfie, maka banyak perusahaan ternama menggunakan moment tersebut yang akan dijadikan pengganti password atau kata sandi. Dengan melakukan selfie maka secara otomatis perangkat akan mendeteksi kecocokan data yang telah disimpan yang mana bisa membuka akun tertentu nantinya. Sampai saat ini, teknologi ini terus dikembangkan oleh beberapa perusahaan dunia.

  1. Pengenal retina

Pengenal retina atau pindai retina bola mata mungkin hanya kita jumpai di sebuah film saja. Namun dengan kemajuan teknologi, hal tersebut telah dikembangkan untuk dijadikan pengganti password pada sebuah akun milik pengguna. Salah satu smartphone yang telah mengusung program ini beberapa waktu lalu ialah Samsung Galaksi Note 7 namun program tersebut tetap terus dilakukan pengembangan.

  1. Pemindai suara

Pemindai suara sebenarnya bukan hal yang baru lagi kita kenal, karena program tersebut bisa kita jumpai pada salah satu mesin pencari raksasa yakni google yang mana sudah menyediakan pemindai suara dan dapat digunakan jika kita ingin mencari beberapa data yang diinginkan hanya dengan berbicara. Pengembangan yang sedang dilakukan ialah melakuakan pemindaian suara untuk mengganti password dalam sebuah akun.

Itulah teknologi yang akan dijadikan pengganti password nantinya yang mana sampai sekarang ini terus dilakukan uji coba dan dilakukan pengembangan lebih lanjut oleh beberapa perusahaan didunia. Jadi jika program ini nantinya telah diluncurkan maka password akan diganti dengan teknologi yang canggih dan tidak memerlukan  sandi yang ditulis secara manual.