Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

Pengertian Enkripsi

Enkripsi adalah jenis informasi asli yang ditransformasikan dimana hanya pihak yang berwenang yang tahu cara membacanya, jadi dalam skenario terburuk jika seseorang memiliki akses ke file-file ini, mereka masih tidak dapat memahami pesan di dalamnya.

Perhatikan contoh berikut:

kurir merpati, di mana raja-raja dahulu mengunakan merpati untuk mengirim pesan kepada komandan mereka di medan pertempuran dalam kode tertentu, ketika musuh menangkap mereka, mereka tidak bisa membacanya, hanya saja pesan itu hilang, tetapi jika tiba di komandan tujuan memiliki kosa kata dekripsi sehingga mereka bisa mendekripsi itu.

Alat yang Digunakan untuk Enkripsi Dokumen

Dalam tutorial ini kita akan lebih fokus pada praktik daripada pada aspek teoritis untuk pemahaman yang lebih baik. Mari kita bahas tentang beberapa alat yang kita gunakan untuk mengenkripsi dokumen:

  1. Axcrypt - Ini adalah salah satu enkripsi file opensource terbaik.  Dapat digunakan di OS Windows, Mac OS dan Linux juga. Jika kalian ingin mencobanya silahkan download di  http://www.axantum.com/AxCrypt/Downloads.aspx
  2. GnuPG - adalah perangkat lunak opensource yang dapat diintegrasikan dengan software lain juga (seperti email). Jika kalian ingin mencobanya silahkan download di  https://www.gnupg.org/download/index.html
  3. Windows BitLocker - software yang berjalan di OS Windows dan fungsi utamanya adalah untuk mengamankan dan mengenkripsi semua volume hard disk.
  4. FileVault – software yang berjalan di OS  Mac OS dan mengamankan serta mengenkripsi semua volume hard disk.

Cara Enkripsi Komunikasi

Seorang administrator sistem harus menggunakan dan menawarkan kepada staf mereka saluran komunikasi yang aman dan terenkripsi dan salah satunya adalah SSL (Secure Sockets Layer). Protokol ini membantu untuk membangun koneksi yang aman dan terenkripsi antara klien dan server. Umumnya, ini digunakan untuk Server Web, Server Email, server FTP.

Kenapa kita membutuhkan ini?

Jika Anda memiliki toko online dan klien Anda menggunakan kartu kredit mereka dan data pribadi mereka untuk membeli produk website adang. Data mereka beresiko untuk dicuri oleh penyadapan sederhana karena komunikasi dalam teks yang jelas, untuk mencegah hal ini, Protokol SSL akan membantu mengenkripsi komunikasi ini.

Bagaimana cara mengetahui apakah komunikasi aman?

Browser memberi isyarat visual, seperti ikon kunci atau bilah hijau disamping kiri URL, untuk membantu pengunjung mengetahui kapan koneksi mereka diamankan. Contoh ditunjukkan dalam gambar dibawah ini.

Gambar diatas menjelaskan bahwa koneksi website https://snippets-code.com/ sudah aman dan data data client sudah terlindungi.

Untuk anda yang memiliki website terutama toko online harap memperhatikan dan melindungi data client anda.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan untuk share ke teman teman anda, terimakasih