Pengertian PostgreSQL

Pengertian PostgreSQL

Beberapa waktu yang lalu penulis bertemu dengan teman seperjuangan yang pernah ngoding bareng, tetapi sekarang sudah mempunyai kesibukan masing masing, tetapi masih seputar dunia programming, kita hanya beda framework :) . kemudian beliau bicara tentang PostgreSQL yang digunakan di aplikasi di tempat dia bekerja. hal itu membuat penulis dan ingin segera mencobanya.

setelah mencoba beberapa waktu penulis mendapat kesimpulan tentan PostgreSQL diantaranya adalah

Pengertian  PostgreSQL

 PostgreSQL atau (Post-gress-SQL) adalah Sebuah Relational Database Managemen System (RDBMS) yang bersifat Open Source dan tidak dikontrol oleh perusahaan sehingga Source Code (Sumber Kode) yang tersedia bisa kita dapatkan secara gratis. 

Fitur Utama PostgreSQL

 PostgreSQL sebagian besar dari standar SQL serta menawarkan fitur yang modern diantaranya :

  1. Complex SQL queries
  2. SQL Sub-selects
  3. Foreign keys
  4. Trigger
  5. Views
  6. Transactions
  7. Multiversion concurrency control (MVCC)
  8. Streaming Replication (as of 9.0)
  9. Hot Standby (as of 9.0)

Kelebihan PostgreSQL

beberapa hal tentang kelebihan PostgreSQL yang penulis temui adalah : 

  1. fitur OO: fitur OO merupakan keunggulan dari PostgreSQL yang dapat mendefinisikan suatu tabel dan mewarisi table yang lain untuk dapat digunakan yang akan menjadikan PostgreSQL lebih praktis dalam penyimpanan item data dalam jumlah banyak di dalam satu recordnya.
  2. Arstitektur Multiproses: Arsitektur multiproses (forking) membuat PostgreSQL  mempunyai stabilitas yang tinggi. Hal ini memungkinkan PostgreSQL bekerja lebih powerfull karena seluruh daemon tidak akan mati meskipun mengalami satu proses dibawahnya mati. Dulu Ini memang sering terjadi namun setelah melalui berbagai macam pembaruan kita  tidak perlu lagi khawatir mengenai arsitektur multiproses yang telah dikembangkan di dalamnya.
  3. Memiliki Kecepatan Meski Dalam Load Tinggi: PostgreSQL didapuk memiliki kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan kecepatan MySQL dalam hal query
  4. Tipe Data Geometri: PostgreSQL sangat memudahkan pengguna yang sering berhubungan tipe data Geometri seperti data titik, garis, lingkaran dan polygon yang sering digunakan untuk membuat aplikasi GIS.
  5. Menyediakan Seluruh Fitur Database: sebagian besar Fitur database yang disediakan PostgreSQL mencakup fitur-fitur database yang sering digunakan pada system database lainnya seperti mysql
  6. Stabil Dan Terpercaya: selam penulis mengunakan PostgreSQL, penulis tidak pernah menemui crashed di saat melakukan berbagai macam operasi dengan tingkat aktivitas yang tergolong tinggi.

Kekurangan PostgreSQL

beberapa hal tentang kekurangan PostgreSQL yang penulis temui adalah :

  1. Fungsi PostgreSQL Terbatas: beberapa fungsi PostgreSQL diantaranya adalah hanya penambahan kolom, penggantian nama kolom, dan juga penggantian pada nama tabel.
  2. Kurang Populer: Penggunaan PostgreSQL ini memang  kurang popular dibandingkan dengan database lainnya

itulah sekilas tentang pengertian dan penjelasan tentang PostgreSQL,semua kelebihan dan kekurangan itu murni penulis temui bukan karena ingin menjelekkan RDBMS lainnya, karena penulis juga baru mengunakan PostgreSSQL ini.

 pada artikel selanjutnya kita akan belajar cara install PostgreSQL di Linux Mint