Ekspor 60.000 Domba Indonesia ke Malaysia

Ekspor 60.000 Domba Indonesia ke Malaysia
Ekspor 60.000 Domba Indonesia ke Malaysia
Ekspor 60.000 Domba Indonesia ke Malaysia
Ekspor 60.000 Domba Indonesia ke Malaysia

Surabaya, Kamis, 28 Juni 2018 Menteri Pertanian Indonesia Andi Amran Sulaiman secara resmi melepas ekspor perdana domba Indonesia ke negara Malaysia yang di ekspor oleh PT. Inkopmar Cahaya Buana.

" dari sektor peternakan kita sudah ekspor daging sapi premium, telur tetas, DOC, daging ayam olahan dan pakan ternak,dan sekarang kita juga ekspor domba sebanyak 2.100 ekor dengan estimasi nilai sebesar RP. 3.78 Milyar " ujar menteri pertanian Andi Amran Sulaiman.

untuk tahap awal ini, pengiriman dilakukan melaui Malaysia Airlines dengan bantuan Menteri Perhubungan Indonesia melalui kapal angkut.

pada acara pelepasan ekspor perdana domba indonesia ke negara tetangga tersebut dihadiri juga sekitar 100 peternak domba lokal.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Ketut Diarmita menyampaikan, status kesehatan hewan menjadi kunci utama untuk membuka peluang ekspor ke negara lain. Indonesia secara konsisten selalu memberikan informasi tentang jaminan keamanan dan kesehatan hewan, serta produk yang akan di ekspor tidak mendapatkan masalah di lalulintas perdagangan.ujar Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan

“Domba yang akan diekspor haruslah mempunyai Sertifikat Veteriner, sertifikat tersebut merupakan bentuk jaminan pemerintah dalam sistem jaminan kesehatan hewan,” ungkap I Ketut Diarmita. sertifikat itu  dihasilkan dari serangkaian pemeriksaan/pengujian kesehatan hewan sesuai dengan persyaratan negara tujuan dan dilakukan oleh tim ahli.