Aplikasi Mobile dengan Flutter

Aplikasi Mobile dengan Flutter

Salah satu keuntungan membangun aplikasi dengan cara Hybrid adalah mudah dan cepat untuk dibuat, namun memiliki memilki performa yang kurang baik dibandingkan dengan membangun aplikasi dengan cara native yang memiliki performa baik. Banyak bermunculan  Framework-framework cross plaform yang mirip aplikasi hybrid namun dengan hasil yang tidak kalah jauh dari cara native. Salah satu teknologi baru yang sedang dikembangkan adalah Flutter.

Pengertian Flutter 

Flutter merupakan framework cross platform yang  dikembangkan oleh Google. Google mengakui bahwa flutter merupakan framework yang terinspirasi oleh React. Hanya dengan 1 codebase  saja kita bisa menghasilkan aplikasi Multi platform yaitu Android dan IOS

Untuk menggunakan teknologi Flutter kita harus berkenalan dengan Dart. Dart merupakan bahasa baru yang juga sedang dikembangkan oleh Google, tentunya bahasa ini baik untuk dipelajari melihat beberapa bahasa kekinian seperti swift dan kotlin.

Apa yang unik dari Flutter ?

Ada begitu banyak kerangka yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi Hybrid, seperti React Native, Nativescript, dan Fuse. Namun yang membedakannya dengan Flutter adalah, Flutter tidak menggunakan Webview maupun widget bawaan, Flutter punya mesin render sendiri untuk menampilkan widgetnya, hal ini menguntungkan developer yang ingin memiliki tampilan UI unik yang konsisten pada semua perangkat karena tidak bergantung pada widget bawaan OEM.

Kinerja Flutter 

Kinerja Flutter didukung olehteknologi terbaik dibuat dengan C, C++, Dart, Skia untuk mesin render 2D, Mojo IPC, dan Blink untuk sistem render. Flutter sendiri dapat berjalan pada sistem operasi Android 4.1 atau lebih tinggi dan iOS 8 atau lebih tinggi dan dapat dijalankan pada perangkat asli maupun Android emulator, serta iOS simulator.

Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai membuat aplikasi dengan Flutter ?

  1. Android Studio 
  2. Xcode
  3. Flutter SDK untuk berbagai OS
  4. Editor

itulah sekilas pengenalan Flutter . Untuk artikel berikutnya kita akan membahas tentang cara install Flutter di berbagai Operating System